Universitas Jember

Universitas Jember
Universitas Jember

Cari Blog Ini

Rabu, 22 Mei 2013

Morfologi Kutu Rambut (Pediculus humanus capitis)


Kutu rambut dewasa berbentuk pipih dan memanjang, berwarna putih abu-abu, kepala ovoid bersudut, abdomen terdiri dari 9 ruas, Thorax dari khitir seomennya bersatu. Pada kepala tampak sepasang mata sederhana disebelah lateral, sepasang antenna pendek yang terdiri atas 5 ruas dan proboscis, alat penusuk yang dapat memanjang. Tiap ruas thorax yang telah bersatu mempunyai sepasang kaki kuat yang terdiri dari 5 ruas dan berakhir sebagai satu sapit menyerupai kait yang berhadapan dengan tonjolan tibia untuk berpegangan erat pada rambut. (Rikasetiyo, 2007).

 


Keterangan Gambar
a. antena
b. kuku tarsus
c. mata
d. ferns
e. tibia 
f. torax
g. spirakle
h. segmen abdomen
i. lempeng pleural dengan spirakle abdomen







Badan pipih dorsoventral, tidak ada sayap, kepala berbentuk segitiga, segmen toraks toraks menyatu dan abdomen bersegmen (Prianto, dkk., 2004).
            Kutu rambut jantan berukuran 2 mm, alat kelamin berbentuk seperti huruf “V”. Sedangkan kutu rambut betina berukuran 3mm, alat kelamin berbentuk seperti huruf “V” terbalik. Pada ruas abdomen terahir mempunyai lubang kelamin di tengah bagian dorsal dan 2 tonjolan genital di bagian lateral yang memegang rambut selama melekatkan telur. Jumlah telur yang diletakkan selama hidupnya diperkirakan 140 butir (Brown, H.W dalam Rikasetiyo, 2007).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar