Universitas Jember

Universitas Jember
Universitas Jember

Cari Blog Ini

Senin, 06 Mei 2013

Jujur itu Sehat ^-^


JANGAN BUNUH KEJUJURAN DALAM DIRI

Waktu yang tersisa lumayan lama namun soal yang belum terjawab olehku juga lumayan banyak. Sungguh seakan ku terserang amnesia ringan ketika itu. Materi yang telah ku pelajari dan ku pahami seakan menghilang dari otakku. Pandanganku berkelana mengamati ekspresi teman-teman yang beragam. Dan akhirnya pandanganku terhenti pada mereka. Dengan santainya menyalin catatan kecil pada lembar jawaban ujian miliknya. Ku terdiam sejenak. Inikah mahasiswa? Inikah generasi penerus bangsa? Pantaskah? Hanya nurani yang mampu menjawabnya.

Terkadang aku marah. Dengan usaha keras, hasil yang ku dapatkan tak juga lebih baik dari mereka. Namun aku sadar bahwa kejujuran di atas segalanya. Nilai hanyalah bilangan, namun moral adalah kepribadian. Hidup tidak hanya membutuhkan kertas dengan deretan angka yang memukau namun jauh di atas segalanya adalah moral. Ketidakjujuran dalam ujian mungkin memang hal kecil namun dampaknya sungguh lura biasa.

Merasa bangga dengan angka fantastis namun sebatas kebanggaan semu. orang tua pun turut bangga. Tapi tegakah kita membohongi mereka? Tegakah kita menyodorkan kepalsuan pada mereka? Sekali lagi hanya nuranilah yang mampu menjawabnya. Kebohongan pertama adalah awal dari kebohongan selanjutnya dan kebohongan kecil adalah awal dari kebohongan yang lebih besar. Jangan bunuh kejujuran dalam diri!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar